uneq-uneq

pada halaman ini diperuntukkan bagi rekan- rekan yang ingin menumpahkan uneq-uneq / pengalaman/ opini atau apa saja……..

NASIB & SYUKUR

Lega rasanya begitu kaki menginjakbumi di bandara juanda,setelah menempuh 2 jam perjalanan dr bandara brunei darussalam…hampir 4 hari berada di negri jiran yg kaya raya tersebut, yg tersisa dibenak adalah NASIB & SYUKUR..lho koq ??

NASIB : Kamis., 28 agustus 2008 pkl 09.30 dg pesawat ROYAL BRUNEI aku bersama sekitar 29 peserta seminar “the fourth asia pasific pain summit” dr seluruh indonesia ( ada neurolog, anesthesist,internist, orthopaed . juga GP ).

bayangan negara brunei darussalam yg kaya raya dengan bagunan gedung tinggi seperti kota metropolitan yg sy bayangkan dr jakarta ternyata meleset…sepintas mungkin seperti kota balikpapan di kalimantan timur cuma ini lebih luas dan terasa lenggang karena jumlah penduduknya cuma sekitar 300 ribuan aja (bandingkan dg balikpapan sekitar 500 an ribu). dengan bus wisata dari bandara kami menuju kota yang cukup rapi, kemewahan baru terasa pada tampilan masjidnya, yg dibangun dg kubah masjidnya dilapisi emas murni 24 karat, juga intreriornya mulai dari lantai terbuat dr marmer italia, karpet, lampu semua import dr eropa begitu pula arsitektur eropa sgt terasa, semua full ac dan bs menampung 3000 jamaah.

di negara kerajaan yg kaya raya karena hasil minyak dan gas buminya ini, seluruh penduduk asli brunei mendapat jaminan hidup yg sgt layak seperti kesehatan dan pendidikan gratis bahkan utk yg berprestasi dapat melanjutkan ke eropa ( sering ke inggris ) juga ada tempat rekreasi semacam ancol yg awalnya jg gratis,tak ada tax/pajak.

bs dibayangkan dg kekayaan dan fasilitas yg dimiliki negara kerajaan brunei darussalam ibarat gula yang dikerubuti dg semut dari negara sekitar utk mengadu nasib diperantauan ini, baik dr malaysia negara tetangga terdekat jg dari philiphine, indonesia, jg india ( ini utk tenaga medis mereka ternyata udah lbh agresive dr kita lho..). khusus dr indonesia kebanyakan tenaga kerja informal mulai pekerja rumah tangga, sopir,restotan hingga pekerja bagunan sampai pedagang kaki lima ( ini yg di night market gadong) banyak dijumpai berasal dari jawatimur,tenggah maupun barat, rata-rata merantau ke brunei karena salary yg jauh menjanjikan dibanding ditempat asal, seperti PRT mereka bs dapat 200 dollar brunei ( 1dollar B = 6.800 rupiah ) jd sekitar rp.1,3 jutaan sebulan kalo sopir atau yg punya ketrampilan spt tkg masak, tkg service ac bisa terima 400 dollar brunei. ( sayang aku blm dapat info ttg salary dokter di brunei )

rata – rata mereka kerja selama 2 tahun utk ijin kerja dan bs diperpenjang lagi, beberapa yg tak temui ada yg 6-8 tahun bahkan tak sedikit yg balik bawa teman / tetangga di desa utk mengais rejeki di sini. meski tak semua sukses ada juga yg dapat majikan yg tegaan, gaji yg telat /ditahan sampai ada jg cm kerja 1 thn pertama setelah itu nggangur krn nggak ada kerja bangunan/proyek.jadi meskipun secara finansial rata-rata mendapat lebih besar dari yang didapat di indonesia rata-rata keinginan untuk mudik sgt besar, hanya karena keterbatasan ketrampilan/ keahlian dengan peluang kerja di indonesia membuat nasib mereka kerja jauh dari keluarga/tanah airnya.

SYUKUR : minggu 31 agustus, mulai dari pesawat brunei airline yg mebawaku pulang ke surabaya, udah kangen banget ketemu anak-anak yg tak tinggal dirumah, juga bebek goreng atau rujak cinggur favoritku ( peserta lain semua transit ke jakarta, sebelumkembali ke daerah masing masing ) seperti mimpi rasanya hampir keseluruhan penumpang dari indonesia semuanya TKI ( 90 % TKW)…wah kaya juga pikirku ini sama aja mereka carter pesawat brunei ini utk mudik ( maklum pada cuti karena ramadhan dan lebaran ) setelah hampir 2 tahun memeras keringat di negri seberang, pantas mereka disebut penghasil devisa negara ( nggak kebayang keingginan yg besar ketemu sanak keluarganya ), yg rata-rata udah menunnggu di juanda wah dipesawat pada heboh, ngobrolnya jg pake boso jowo ..he..he tak terasa naik pesawat, serasa naik bus di bungur asih aja….

melihat dan merasakan ini semua terasa rasa syukur yg sangat dalam, atas semua yg udah kita capai anugerah allah yang maha besar, sekaligus keinginan yg kuat utk bs berbuat lebih utk bangsa ini agar warganya bs mencari rejeki dinegrinya sendiri yang subur, kaya akan hasil bumi untuk bs dimanfaatkan utk kemakmuran rakyatnya sendiri, amien…….( minimal yg kita bs perbuat adalah kalo ada penderita yg tidak mampu / syukur kalau bisa lebih lagi  )

demikian sekilas uneq-uneq tulisan lawatan ke brunei, mudah-mudahan bs diikuti teman-teman yg lain bila ada pegalaman / kisah yg menarik.

terima kasih. triarto b.s.

11 responses to “uneq-uneq

  1. Sejawat,
    tanpa mengurangi rasa hormat kepada sejawat, berikut ini saya sampaikan sebuah informasi mengenai kursus bahasa Inggris, dengan penekanan pada kelancaran berbicara.
    Kursus diselenggarakan 5 kali @ satu setengah jam. Pengajar dari Jakarta, menjamin peserta mampu berbicara dalam bahasa Inggris dalam jangka waktu tersebut. Satu kelompok dibatasi 15 orang. Biaya 15 juta untuk satu kelompok. Waktu luang pengajar yang terdekat adalah 22 sampai dengan 26 September 2008.
    Catatan: saya belum pernah ikut kursus ini, dan tidak sedang promosi…. Jadi tidak ikut menjamin baik tidaknya kursus ini. FYI, FK Unair memanfaatkan jasa blio. Hasilnya saya belum tahu.
    Sejawat yang berminat silakan japri ke alamat naningsam@yahoo.com. Sejauh ini baru ada satu peminat.
    Maaf bila kurang berkenan.

    S

  2. REUNI-LEBARAN-ZAKAT

    Jauh bertugas dari tempat asal, sudah bukan hal yang aneh dijalani oleh setiap orang / profesi berkaitan dengan pekerjaan yang dijalaninya. tidak jarang untuk itu ada yang harus berpisah dari sanak keluarga tercinta merantau di tempat yang mungkin tidak terbayangkan sebelumnya, apalagi profesi dokter seperti kita yang mengharuskan dekat dengan masyarakat.
    Mulai lulus sebagai dokter umum maupun spesialis, bahkan ada juga yang sampai ke luar negeri.

    fonemena ini tidak beda jauh dengan masing masing kita sebagai sebuah keluarga yg terdiri atas orang tua dan anak-anaknya yang setelah dewasa tentu berpisah satu sama lain baik antar kota maupun pulau, demikian pula komunikasi yang terjalin tentu tidak se intensif sewaktu berkumpul sebagai keluarga besar.

    moment LEBARAN / hari besar tertentu biasanya dijadikan saat yang tepat untuk bertemu saling silah turahmi yang bisa diibaratkan sebuah REUNI.
    disampinG itu tidak lupa kita juga berzakat mengeluarkan/menyucikan harta kita.
    sebagai sebuah keluarga besar saat berkumpul/silahturahmi tersebut,
    selain meningkatkan komunikasi juga tentunya banyak manfaat yg bisa didapat kadang ada dr anggota keluarga tersebut yg kurang beruntung/baik secara sosial/ekonomi bisa terbantu keluarga yang lebih mampu bahkan banyak pengalaman keberhasilan/kegagalan dari anggota keluarga yg satu bisa dijadikan pelajaran oleh anggota keluarga yang lainnya.
    Hal ini tentu hanya sebagian manfaat yg didapat dengan kegiatan silahturahmi tersebut, semakin besar anggota keluarga besar tersebut semakin besar pula manfaat yang bisa dihasilkan dari kegiatan tersebut.

    lalu apa kaitannya moment silaturahmi lebaran tersebut dikait kan rencana kegiatan REUNI yang ingin kita laksanakan.
    baik sejak duduk dibangku kuliah maupun lulus sebagai dokter maupun melaksanakan profesi sebagai dokterpun kita tidak pernah terlepas dari persaingan ( dalam konotasi prestasi ) dari masing masing kita tentu menginginkan menjadi yang terbaik dibidang kita masing-masing, mulai mendapat nilai terbaik, mempunyai keahlian terbaik,mempunyai patient yg banyak, penghasilan yg….. dst..dst,seakan tidak pernah berhenti hingga saat ini ( he..he .manusiawi koq..).

    REUNI merupakan moment silaturahmi bagi kita sebagai suatu keluarga besar,menyambung tali persaudaraan yg mungkin telah terkikis oleh jarak dan waktu selama ini.
    lalu apa sih yg bisa didapat,dengan kegiatan silaturahmi tersebut, apa hanya melepas ….kuaannngeennnn…………. antar keluarga besar tersebut saja,dengan mengenang masa-masa lalu saja, atau berbagi kisah yg terputus selama ini…???
    tentu saja sebagai suatu keluarga besar yg nota bene dengan profesi yg melekat pada seorang dokter tentu hal tersebut diatas tidaklah cukup berhenti disitu saja, banyak hal yang bisa dikerjakan selanjutnya dengan terjalinnya silaturAhmi tersebut…….
    dengan anggota yg tersebar hampir dibebagai daerah di nusantara ini dengan berbagai bidang keilmuaan kedokteran tentu banyak hal yang bisa di kerjakan untuk masyarakat negerinya yang masih banyak belum beruntung baik dibidang sosial maupun ekonominya.
    dalam kaitan ini kita bisa juga ber ZAKAT dalam hal apapun dalam kaitan profesi yang kita miliki ini..Baik berupa merumuskan kegiatan sosial atau merumuskan ide lain yg ber maslahat untuk kepentingan masyarakat / bangsa ini.
    meskipun sudah banyak diantara kita yg mengerjakan hal tersebut, namun dengan reuni, bergabungnya kita sebagai suatu keluarga besar, tentu bisa lebih besar pula manfaat / hasil yang bisa di capai …..
    semoga REUNI hanya merupakan langkah awal untuk proses tesebut………………………………..amien.

    Imung

  3. Hi All,
    selamat bermudik ria. Mohon maaf lahir batin.

    Happy Eid Mubarrak,
    S

  4. Intruder? Please refer to our mailing list. Thanks.
    S

  5. LOWONGAN SPESIALIS

    ada titipan nih.. dari dr.wisnu.MARS direktur JIH, buat ts spesialis alumni fk unair angkatan”83 . terbuka Lebar pintu bila berminat bekerja di JIH.sleman jogjakarta.
    ( bila berminat bisa langsung hub.beliau / info no HP bisa ditanyakan ke email yahoo groups kita )
    (terima kasih Wisnu, mudah mudahan bermanfaat bagi ts yang membutuhkan.)

  6. wisnu aku daftar…….
    wis…brengosmu opo wis kethel…he he he…biyen lak mek pirang2 iji..
    kirim foto keluarga dong pak direktur..

  7. That’s what friends are for…… (Dionne Warwick cs)

  8. inalilahi wa ina lilahi rojiun, telah meninggal dunia ayahanda ts.Nur hidayah.
    dimakamkan siang ini, rumah duka di gresik.
    semoga arwah beliau diterima di sisinya sesuai amal ibadahnya, dan diberikan kekuatan kepada yang ditinggalkan. amien.

  9. Inna lillahi wa inna ilaihi roji’un. Telah berpulang ke haribaan Allah swt. ibunda TS Siti Farida pada hari Selasa, 23 Desember 2008 di Surabaya. Semoga amal ibadah beliau diterima di sisiNya, segala dosa beliau diampuni dan keluarga yang beliau tinggalkan dilimpahi ketabahan. Amien.
    S
    HP TS Farida dapat dilihat di mailing list kita.

  10. Friends,
    ada ralat. Tadi pagi dapat konfirmasi dari TS St. Farida. Ibu beliau meninggal tanggal 4 Desember 2008. Informasi yang kemaren keliru. Mohon maaf.
    S

  11. HAPPY NEW YEAR..2009!!

    wellcome new year 2009..hope for better future.hope more friends..hope more & more..
    just 10 days …to reuni….dont miss it!!!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s